Cara Cek Bi Checking Sendiri Lewat HP di Slik OJK Online

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, semua kegiatan mulai dari berbelanja, bekerja sampai urusan perbankan bisa diselesaikan hanya, literally dengan dua jempol.

Dan dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai penyedia layanan keuangan ataupun layanan pembiayaan, kita pun sekarang bisa melakukan hampir seluruh aktivitas perbankan dalam genggaman.

Termasuk mengakses sistem yang dimiliki oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK.

Apa Itu SLIK?

SLIK ini adalah sistem penamaan baru dari BI Checking karena mulai dari 2018, Bank Indonesia tidak lagi yang bertugas mengumpulkan data nasabah maupun debitur.

Melainkan diserahkan ke OJK sebagai badan yang berwenang mengawasi berbagai layanan keuangan dan juga pembiayaan, mulai dari perbankan, sampai pinjol resmi.

Apa Saja Fitur SLIK?

Pada SLIK ini terdapat salah satu fitur yang dinamakan Informasi Debitur (IDEB).

Dimana didalam fitur ini, seluruh data keuangan tercatat nasabah atau debitur bisa dilihat atau diperiksa oleh pihak yang menerima kuasa, atau pribadi itu sendiri.

Dan beberapa informasi keuangan yang ada dalam IDEB adalah:

  1. Data diri/badan usaha secara lengkap.
  2. Fasilitas kredit/pinjaman yang masih aktif atau pernah aktif di beberapa waktu terakhir.
  3. Pemberi kredit/pinjaman.
  4. Daftar jaminan/agunan.
  5. Daftar penjamin atas kredit yang ada.
  6. Kolom kualitas kredit beserta lama hari menunggak.

Dan kabar baiknya adalah, seluruh informasi tersebut saat ini bisa diakses langsung oleh publik secara mudah dan gratis, hanya dengan melakukan pendaftaran pada link berikut https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi .

Cara Cek Bi Checking Pemohon Perseorangan Lewat HP

Isi Jenis Pemohon, Tanggal dan Jam Antrian

Setelah Anda klik tautan diatas dan tiba di halaman tersebut, akan ada beberapa kolom yang wajib diisi seperti, jenis pemohon (perorangan/badan usaha), tanggal layanan, dan pilih jam antrian layanan.

Daftar Antrian Slik Online

Biasanya kuota layanan baru tersedia 3-7 hari kerja mendatang karena antrian yang cukup panjang.

Isi Data Diri

Setelah itu selesai, Anda akan melanjutkan ke halaman yang mewajibkan Anda untuk mengisi data diri, email aktif, nomor Whatsapp dan juga melakukan foto atau mengunggah KTP.

Sedangkan untuk kolom Alamat Lain, Anda bisa mengosongkannya apabila memang tidak ada.

Setujui Aturan Yang Berlaku

Terakhir, berikan tanda centang untuk persetujuan-persetujuan yang dibutuhkan.

Sesaat setelah permohonan Anda masuk, email otomatis akan dikirimkan oleh sistem yang menginformasikan data-data yang telah diinput dan juga kapan validasi dokumen akan dilaksanakan.

Tunggu E Mail Verifikasi

Sesudah rampung, Anda akan menunggu verifikasi sampai ada email baru yang melampirkan formulir permohonan IDEB.

Cetak Formulir yang dikirimkan dari E Mail

Cek Antrian Slik Online

Kemudian Anda wajib mencetak formulir itu menjadi dokumen fisik, dan mengisi nama ibu kandung disertai dengan tanda tangan 3 (tiga) kali di kolom-kolom yang diwajibkan.

Langkah selanjutnya adalah, Anda harus memindai atau mengambil gambar formulir tersebut untuk kemudian dikirimkan ke nomor Whatsapp yang disebutkan di dalam email terakhir.

Masukan Nomor Antrian

Sertakan juga selfie sembari memegang KTP dan juga formulir fisik tersebut. Lalu verifikasi lanjutan akan dilaksanakan melalui Whatsapp dan pihak OJK mungkin akan melakukan panggilan video apabila dibutuhkan.

Langkah Terakhir

Apabila proses ini telah dilalui dengan tepat dan memenuhi persyaratan, maka langkah terakhir adalah menunggu IDEB Anda dikirimkan melalui email yang Anda daftarkan saat registrasi awal.

OJK pun membuka layanan untuk bertanya seputar SLIK di kanal:

  • Telepon: 157
  • Email: konsumen@ojk.go.id
  • Whatsapp: 081157157157

Jadi, bagi Anda yang ingin mengetahui seberapa “ganteng” Anda di hadapan bank atau layanan pembiayaan resmi lainnya, yuk dicoba.

Rekomendasi Artikel Terkait