Read News

Membangun Terwujudnya Fairtrade untuk Komoditas Rakyat

Mungkin istilah fairtrade sudah tidak asing lagi terdengar di telinga ketika duduk dibangku sekolah. Namun bagaimana dengan implementasi nyatanya di aktifitas perdagangan sehari hari yang kita lakukan. Murujuk pada istilahnya fairtrade memakai bahasa inggris yang diterjemahkan sebagai perdagangan yang adil. Beberapa organisasi menterjemakannya dalam beberapa definisi.
Dikutip dari fairtrade.net pengertian Fairtrade adalah pendekatan alternatif untuk perdagangan konvensional dan didasarkan pada kemitraan antara produsen dan konsumen. Ketika petani dapat menjual dengan ketentuan Fairtrade, itu memberi mereka kesepakatan yang lebih baik dan ketentuan perdagangan yang lebih baik. Ini memberi mereka kesempatan untuk memperbaiki kehidupan mereka dan merencanakan masa depan mereka. Fairtrade menawarkan konsumen cara yang ampuh untuk mengurangi kemiskinan melalui belanja mereka setiap hari
Tentusaja banyak hal yang dipersiapkan guna merealisasikan fairtrade ini untuk bisa diadopsi oleh para stakeholder yang terlibat dan memberikan dampak nyata positif pada para stakeholder itu sendiri.
Sebagai langkah nyata merealisasikan fairtrade dari pola perdagangan konvensional yang ada saat ini, Inacom.id sebagai agritech commodities membangun sistem informasi yang tergabung dengan jaringan supply chain dari kegiatan logistik sampai ke pasar.  Keuntungannya dengan penggunaan sistem komoditas ini antara lain:
a. Traceability/ rantai ketelusuran menjadi terbuka
b. Transparansi harga komoditas dari petani
c. Transparansi harga komoditas di pasar
d. Transparansi biaya logistik
e. Transparansi biaya dan akses keuangan
f. Serta peningkatan nilai komoditas
Harapannya dengan keterbukaan informasi diatas dapat meningkatkan produktifitas, kompetitifitas serta menguntungkan semua pihak.


Sumber:www.fairtrade.net/about-fairtrade/what-is-fairtrade.html)


Share this Post: