Read News

Mengupas Komoditas Kakao yang Sudah Mulai Surut

Mengupas Komoditas Kakao yang Sudah Mulai Surut

Mengupas Komoditas Kakao yang Sudah Mulai Surut

Kakao di Indonesia mempunyai potensi yang besar dalam pengembangan agribisnis perkebunan. Beberapa tahun terakhir kebun kebun kakao di indonesia banyak berubah fungsi dan mengalami penurunan. Secara garis besar sulawesi penyumbang mayoritas  produksi kakao Indonesia disusul Pulau Sumatera khususnya Nangroh Aceh Darussalam. Selebihnya tersebar di Pulau Kalimantan, Bali, Maluku hingga Papua.

Lahan lahan perkebunan kakao di Indonesia melahirkan kakao dgn kualitas terbaik. Namun tentu saja proses pengolahan yg baik harus dikembangkan terus menerus.
Secara singkat proses pengolahan kakao meliputi pemanenan, pengupasan, pembersihan dan fermentasi biji, pencucian biji, pengeringan biji, sehingga dihasilkan biji kakao yang siap diolah.
Karena mayoritas tanaman kakao dimiliki petani rakyat, ada 2 kendala utama yakni perawatan perkebunan yg kurang maksimal dan penanganan pasca panen dimana yg  banyak luput adalah proses fermentasi. Kakao Indonesia umumnya masih dihargai murah di pasaran Internasional karena didominasi oleh biji-biji non fermentasi diatas.

Share this Post: