Read News

Menggelitik Supply Chain Komoditas Jagung dari Petani Ke Peternak di Indonesia

Menggelitik Supply Chain Komoditas Jagung dari Petani Ke Peternak di Indonesia

Menggelitik Supply Chain Komoditas Jagung Di Indonesia

Menggelitik mungkin merupakan istilah yang pas untuk kami gunakan saat ini, Ya kami baru akan menyelami potensi komoditas Jagung ini. Luas pertanian jagung di indonesia mencapai 3,8 Juta Hektar, Luasan lahan ini mungkin lahan dinamis, bisa bertambah dan bisa berkurang tergantung dari musim dan trend penanaman. Produksi rata rata untuk jagung perha adalah 3-5 tons tergantung dari perawatan, bibit dan cuaca.

Lumbung lumbung pertanian jagung di indonesia ada di Jawatimur, Gorontalo, Garut, Gowa, Pinrang, Lampung. Sumatera Utara
Secara garis besar, jagung di indonesia di konsumsi oleh masyarakat dimana besarannya kurang dari 10%, sedangkan 90% sisanya di gunakan untuk industri sebagai campuran bahan pakan ternak. Menilik pada luasan lahan tanam dan tingkat produksi per ha, maka jumlah konsumsi jagung nasional tentulah sangat besar, karena sampai saat ini masih ada jagung import yang masuk yang artinya kebutuhan jagung dalam negeri belum terpenuhi.

Gonjang ganjing harga sekaligus import jagung beberapa waktu yg lalu cukup menggelitik, bila saja jagung petani langsung ke peternak maka harga akan kompetitif sekali. Imbas dari kenaikan harga pakan tentunya akan berpengaruh langsung pada harga jual akhir dari Produksi peternakan semisal telur dan dagingnya.


Share this Post: