Read News

Menelisik Lebih Jauh Jalan Persimpangan Bisnis Arang di Indonesia

Menelisik Lebih Jauh Jalan Persimpangan Bisnis Arang di Indonesia

Dipersimpangan Petani Arang Indonesia

Sebagai Agritech supply chain, mengetahui asal usul barang dan proses produksinya adalah hal yang pokok dari sekian check list yang harus dilakukan guna mengoptimalkan hasilnya dikemudian hari. Semoga ulasan berikut bisa membantu anda di kemudian hari.

Sudah menjadi hal umum, dalam berdagang, pembeli berprinsip membeli barang dengan harga semurah murahnya. Tetapi disatu sisi, prinsip produsen (petani) menjual barang dengan harga tinggi dengan biaya produksi serendah rendahnya.  Tentunya tidak ada yang salah dengan kedua prinsip tersebut selama titik temu akan kualitas barang disepakati bersama. Namun yang terjadi dilapangan sering kali titik temu tersebut tidak terjadi dan berpotensi menjadi kecurangan.

Tingginya frekuensi kegagalan transaksi karena tidak terjadinya kesepakatan titik temu kualitas mengakibatkan tingkat ketidakpercayaan kedua belah pihak meningkat. Nah di sinilah peran perantara mulai muncul. Perantara diharapkan mampu menjadi penengah kesepakatan titik temu kualitas dengan imbalan selisih penjualan. Ada Perantara yang sukses melakukan fungsinya, dan tidak sedikit pula yang justru sebaliknya.

Kembali ke Arang, di Indonesia ada 4 jenis kualitas arang yang dikenal masyarakat pada umumnya
a. Arang asalan. Cara pengolahannya biasanya dibakar di bantaran sungai dengan menggali lubang lubang pembakaran, apabila dirasa cukup matang, tanggul dibuka dan air sungai akan memadamkannya. Anda tidak bisa mengharapkan kualitas yang baik tapi harga tentu saja murah.
b. Arang Asalan Sortir, Cara pengolahannya sama seperti diatas namu dilakukan proses sortasi sederhana, arang dipisahkan dari tanah atau kotoran yang masih melekat dan kemudian dikeringkan. Secara kualitas sudah lebih baik dari Arang Asalan dan harga tentusaja lebih mahal
c. Arang Olahan Biasa, Cara pengolahannya dengan pembakaran di drum drum atau alat pembakaran untuk menghasilkan kualitas lebih baik dari kedua proses diatas. Secara kualitas sudah lebih baik dari arang asalan dan arang sortir dan harga lebih tinggi dari kedua jenis diatas
d. Arang Olahan Sortir, Cara Pengolahannya sama seperti point C namun dilakukan standarisasi kualitas semisal tingkat kematangan, tingkat kadar air, warna abu sisa pembakaran dan tolaku ukur lainnya. Untuk masalah harga tentunya akan berbanding lurus dengan kualitasnya.

Nah dengan mengetahui tingkatan tingkatan kualitas arang diatas, anda tentunya dapat menilai bahwa untuk mendapatkan arang berkualitas tidak dapat diperoleh dengan harga murah, Apabila pembeli tetap bersikukuh, potensi Penyimpangan kualitas dan kecurangan yang dapat merugikan kedua belah pihak dikemudian hari sangat mungkin timbul.

Share this Post: