Berapa Lama BI Checking Bersih Setelah Pelunasan

Masyarakat pada umumnya baru galau atas statusnya di BI Checking saat permohonan pinjamannya ditolak.

Dan kebanyakan dari mereka merasa BI Checking-nya seharusnya bersih karena mereka sudah bayar. Tapi apa benar seperti demikian?

Pertama, BI Checking sudah memiliki nama baru yaitu, Informasi Debitur SLIK, atau ringkasnya IDEB. Check status nama Anda diblokir oleh bank atau tidak, cek disini Cara Cek Bi Checking via HP.

Nah, IDEB itu dibuat dan disajikan oleh OJK berdasarkan laporan bulanan dari seluruh anggotanya.

Dan IDEB sendiri berisi data lengkap seorang debitur dan juga informasi utangnya selama 3 (tiga) tahun terakhir.

Berapa Lama BI Checking Bersih Setelah Lunas?

Berapa Lama Bi Checking Bersih Setelah Pelunasan

Lalu kembali ke pertanyaan diatas, kapan BI Checking bisa bersih? Jawabannya ada dua. Pertama selama 1 bulan, dan yang kedua selama 3 tahun.

BI Checking diperbaharui datanya setiap bulan, namun input laporan terakhir yang dilakukan maksimal di setiap tanggal 12.

Contoh kasus, Adam memiliki tunggakan atas kewajiban bulanan yang jatuh tempo di tanggal 5 Januari di sebuah bank dan baru melunasi kewajiban tersebut 3 hari setelah jatuh tempo.

Maka bank tersebut akan melaporkan Adam menunggak di laporan bulan Januari.

Dan Adam tetap terhitung pernah menunggak 3 hari, ditambah kualitas kredit (kolektabilitas) Adam akan turun menjadi kolek 2, yang bisa dilihat di laporan bulan Februari.

Kemudian katakanlah di bulan Februari Adam sudah membayarkan kewajibannya sebelum jatuh tempo, maka saat bank tersebut mengirimkan laporan bulanan ke OJK, kualitas kredit Adam di bulan Februari kembali menjadi Lancar (kolek 1).

Namun baru bisa terbaca di bulan Maret, atau 1 bulan setelah pelaporan.

Walau begitu, status Adam sebagai debitur yang pernah menunggak di bulan Januari tersebut akan tetap tercatat sampai setidaknya selama 3 tahun mendatang.