Kapan Bi Checking Akan Hilang?

BI Checking atau IDEB SLIK adalah instrumen penting yang sudah dianggap sebagai laporan paling esensial untuk para kreditur sebelum mengambil keputusan mengenai persetujuan pinjaman baru kepada calon debitur.

Tanpa BI Checking, para pengambil keputusan di lembaga pembiayaan akan sangat sulit menilai karakter si calon debitur, dimana hal tersebut adalah 1 dari 5 kunci apakah debitur layak diberikan pinjaman.

Mari bayangkan apabila tiba-tiba ada seseorang yang tidak dikenal datang ke rumah Anda untuk meminjam uang dalam jumlah yang relatif besar, maka bisa dipastikan Anda akan menolaknya karena Anda tidak kenal.

Nah itulah salah satu prinsip dari pemberian pinjaman, yang dinamakan Character.

Saat kita tidak tahu latar belakang seseorang, maka akan timbul keraguan untuk kita bisa mempercayainya, terutama yang berhubungan dengan uang.

Kapan Bi Checking Akan Hilang

Kapan Catatan Bi Checking Akan Hilang ?

Biasanya BI Checking akan hilang setelah 2 tahun. Jadi nama anda akan bersih tepatnya setelah 24 bulan. Cukup lama? iya, oleh karena itu berhati hati lah dalam melakukan pinjaman. Ukur dulu apakah kita mampu membayarnya.

Karena bisa jadi sewaktu waktu kita benar-benar membutuhkan pinjaman akan mudah untuk mendapakatannya, akan merepotkan jika sedang benar benar butuh tapi status BI checking masih negatif.

Baca juga Cara Cek Bi Checking Sendiri Lewat HP

Karakter ini bisa membuat seseorang taat dan berkomitmen atas apa yang sudah disepakatinya atau malah sebaliknya. Karakter yang dicari oleh banyak orang, termasuk di dunia pembiayaan adalah karakter yang disiplin dan bertanggung jawab.

Dan didunia keuangan, untuk membuktikan karakter seseorang tersebut, BI Checking adalah metode yang paling representatif.

Jadi akan sulit bagi seorang kreditur untuk bisa memutuskan dengan cermat dalam waktu yang relatif singkat, siapa yang boleh dan siapa yang belum boleh mendapatkan pinjaman kalau tidak dibantu oleh laporan BI Checking.

Karena di dalam laporan tersebut, dalam sekilas saja kreditur bisa langsung membaca karakter seseorang dalam mengelola kewajiban finansialnya.

Apakah dia orang yang disiplin, atau individu yang menggampangkan masalah, atau malah cuek sama sekali terhadap komitmennya.

Jadi sepertinya BI Checking akan terus ada, untuk mendukung lancarnya usaha pembiayaan.

Rekomendasi Artikel Terkait