Jasa Menghapus Bi Checking, Apakah Ada?

Semenjak maraknya kasus-kasus pinjaman online, baik itu yang ilegal ataupun yang resmi, banyak masyarakat merasa terjebak akan keberadaan lembaga pembiayaan tersebut.

Mulai dari kelompok yang merasa tidak pernah mengajukan tapi ternyata tercatat berutang, sampai segelintir masyarakat yang sadar memang menjadi debitur.

Tapi menjadi debitur yang merasa terpojok oleh syarat dan ketentuan yang ada.

Beranjak dari situ, maka mayoritas¬† masyarakat mulai waspada akan kredibilitasnya masing-masing. Apakah identitas mereka “bersih” di laporan BI Checking-nya? Cek di cara cek bi checking via hp.

Beruntung saat ini masyarakat umum ataupun badan usaha sudah bisa mengecek secara mandiri informasi debitur (IDEB) yang dahulu dikenal sebagai BI Checking.

Dengan adanya hal semacam ini, para debitur tidak perlu lagi was-was akan status mereka di hadapan para lembaga pembiayaan, karena segala akan jelas dan terang.

Banyak contoh seorang debitur merasa dipaksa (atau di beberapa kasus, dikelabui) menerima sejumlah pinjaman, umumnya dalam bentuk kartu kredit, dan akhirnya malah menjadi kredit macet hanya karena akumulasi bea materai.

Apabila sudah seperti ini, maka “skor rating” individu tersebut di BI Checking pasti menjadi jelek bahkan bisa dikatakan sebagai pengemplang utang.

Apakah Ada Jasa Menghapus Bi Checking?

Lalu kalau sudah begini banyak masyarakat yang bingung dan mencari jalan pintas dengan menyewa jasa “menghapus” BI Checking. Tapi apakah betul ada jasa seperti itu?

Jawabannya adalah sudah pasti tidak ada. Karena IDEB atau BI Checking itu dilaporkan oleh para lembaga pembiayaan yang terdaftar di OJK secara berkala, ke OJK itu sendiri.

Jadi satu-satunya pihak yang bisa menghapus atau membersihkan status BI Checking yang jelek adalah debitur itu sendiri dengan cara melunasi tunggakan yang ada.