Read News

Yang Pedas Dari Kalimantan Selatan

Yang Pedas Dari Kalimantan Selatan




PANEN TELAH TIBA !! Cabe Terpedas se Indonesia

Ketika melewati Jalan Hakim Samad yang merupakan jalan penghubung antara Kecamatan Tapin Tengah dan Margasari di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, disepanjang jalan kita dapat melihat deretan rumah yang mana halaman belakang rumah – rumah tersebut terdapat hamparan luasan lahan gambut yang sangat luas dan indah.
Panorama yang indah dipandang serta pemandangan langit biru yang membentang luas hiasan irigasi alami yang terdapat air yang jernih dapat dilihat ketika melewati jalanan tersebut.
Salah satu desa yang dilewati serta memiliki gambaran seperti hal tersebut yaitu bernama Desa Hiyung yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Tapin Tengah, bila kita melewati desa Hiyung, kita dapat melihat hamparan lahan gambut, mungkin bila dilihat sekilas hanya seperti lahan gambut biasa namun bila dilihat lebih dekat sebagian besar lahan gambut di desa tersebut ditanami oleh tanaman cabe rawit.
Cabe rawit merupakan komoditas andalan warga Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin. Pengalaman gagal dalam bercocok tanam padi di lahan gambut setempat membuat mereka beralih ke tanaman cabe, namun cabe rawit yang ditanam bukanlah cabe biasa karena yang ditaman merupakan varietas cabe rawit hiyung dimana memiliki keunggulan yaitu tingkat kepedasan cabe tersebut 17x lebih pedas dari cabe rawit biasanya. Tingkat kepedasan cabe hiyung didapatkan dari hasil penelitian di Laboratorium Pengujian Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen milik Kementerian Pertanian RI, kadar capsaicin pada cabai ini bahkan mencapai 2333,05 PPM, serta telah mendapatkan sertifikat dari Menteri Pertanian RI dan menjadi slahsatu cabe terpedas di Indonesia serta keunikan lain dari cabe hiyung yaitu bila bibit cabe tersebut ditanam ditempat lain maka tingkat kepedasannya akan berkurang bahkan hampir sama dengan cabe biasanya, ini disebabkan besaran pH tanah di Desa Hiyung mempengaruhi tingkat kepedasan cabe hiyung tersebut.
Pada Kamis (2/7) telah dilaksanakan panen perdana cabe rawit hiyung di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. Kegiatan dilaksanakan di lahan cabe rawit hiyung milik anggota kelompok tani Karya Baru serta pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Bapak Bupati Tapin beserta istri dan juga jajaran pemerintahan Kecamatan Tapin Tengah serta Penyuluh Pertanian Tapin. Pada kegiatan tersebut Bapak Bupati Tapin mengharapkan petani khusus nya petani cabai hiyung dapat meningkatkan produktivitas cabe hiyung tersebut karena pada saat ini cabe hiyung telah di kategorikan sebagai salahsatu cabe rawit terpedas di Indonesia serta menjadi komoditi unggulan di Kabupaten Tapin. Selain itu Bapak Bupati berpesan agar petani dapat lebih mengenalkan cabe rawit hiyung agar lebih dikenal lebih luas lagi. Pada saat ini produksi cabe hiyung di Desa Hiyung keseluruhan bisa mencapai 20 ton dalam satu periode tanam dan harapannya dapat lebih meningkatkan produksi serta memberi senyuman kebahagiaan bagi para petani cabai rawit Hiyung.



Share this Post: